AMAZING…!!! Gejolak Arab di Arabs Got Talent

“Ini negeri Arab !! Jangan sekali2 kalian menghancurkan kehormatannya !! Hati2 terhadap akibatnya”

SnapCrab_NoName_2015-5-9_9-23-26_No-00Pernyataan ini diucapkan ‘Amru ‘Amrusi pada saat audisi Arabs Got Tallent setelah melakukan perform di hadapan para juri dan audien. Video berdurasi 6 menit 55 detik ini diunggah ke Youtube oleh Juba pada 28 Desember 2014 dan telah dilihat ratusan ribu kali. Saya mendapatkan video ini setelah teman saya mengirimkan video yang sama tapi dengan durasi yang lebih pendek yang tidak ada dialog antara peserta dan juri. Penasaran dengan penampilan dalam video tersebut, saya kemudian mencari video yang terkait dengan durasi yang lebih panjang. Dan alhamdulillah saya bisa menemukannya.

Sebelum melakukan aksinya, peserta dari Mesir ini menyatakan bahwa penampilannya kali ini ada kaitannya dengan permasalahan bangsa Arab yang sangat penting sejak ia kecil.

“Aku punya sebuah pandangan, ingin ku tampilkan dlm sebuah penampilan. Dan ini adalah sebuah permasalahan yang sangat penting, yang aku alami dalam hidupku sejak aku masih kecil dulu. Pesan yang ada dalam penampilan ini memiliki nilai yang sangat dalam, menyentuh tapi kini telah sirna dalam hidup kita. Aku berjanji akan menampilkan sebuah persembahan yang sangat bernilai buat bangsa Arab” demikian ‘Amrusi.

Di awal penampilannya, para juri terkesan belum tahu maksud dari ‘Amrusi hingga satu menit berlalu. Mungkin para juri hanya melihat wajah lucu dan seperti menganggap sepele, hingga mereka tertawa. Perhatian para juri mulai terlihat di menit-menit kedua hingga akhir. Wajah-wajah larut dalam persembahan dan keharuan, jelas terlihat pada raut wajah para juri. ‘Amrusi menutup persembahannya dengan merobek penutup kaos yang kemudian memperlihatkan gambar bendera negara-negara Arab. Dengan mimik serius dan sambil mengarahkan telunjuk ke depan, ‘Amrusi menutup persembahannya dengan mengatakan, “Ini negeri Arab !! Jangan sekali2 kalian menghancurkan kehormatannya !! Hati2 terhadap akibatnya”.

Nazwa Karam, salah satu juri terlihat tak kuasa menahan air matanya untuk jatuh. Dalam komentarnya, dengan mata yang berkaca-kaca larut dalam penampilan, ia berkata, “Aku ingin mengatakan kalau semua orang Arab miliki rasa nasionalisme seperti yang kamu rasakan, maka tidak akan ada yang namanya perang di Arab. Walaupun ini sebuah penampilan, tapi persembahanmu betul-betul fakta nyata. Fakta nyata yg menyentuh jiwa…!!!”

Tidak hanya Nazwa Karam yang terpukau dan terharu oleh penampilan ‘Amrusi, juri yang lain, Ahmad Helmi sampai melakukan standing applause dan menyatakan apresiasinya dengan penuh haru, “Engkau telah membuat aku menangis bersamamu. Bravo untukmu”

Sementara juri yang lain, Nashir, menyatakan bahwa penampilan ‘Amrusi tidak semua orang bisa melakukannya. Nashir menilai “Terlihat Ada ketegasan yang sebenarnya dalam dirimu, bukan sesuatu yg kamuflase. Penampilanmu memang sebuah penampilan yang sangat susah, tidak semua org bisa melakukannya. Terus terang aku merasa kasihan padamu. Salute, tapi penampilanmu sangat OK”

Senada dengan juri yang lain, Ali -sepertinya juri senior, ed-  mengungkapkan apresiasinya pada persembahan ‘Amrusi. “Perfect, tak ada yang kurang dari penampilanmu. Betul-betul penampilan seorang pakar. Kehebatan sebuah penampilan itu ditinjau dari pengaruh yang dirasakan. Betul-betul hebat. Selamat untukmu…!!!

Gemuruh tepuk tangan audien selalu menyertai setiap komentar juri, dan ‘Amrusi selalu menyambut komentar dan tepuk tangan para penonton dengan meletakkan tangan di kepala, sebagai ungkapan terima kasih. Hasil akhir dari persembahan ‘Amrusi, semua juri menyatakan ‘Na’am‘, YES. Dan juri Ali, dengan keempat jari seperti lambang Rabia, menyatakan “Arba’ Na’am”, yang kemudian disambut gemuruh tepuk tangan penonton.

Inilah video persembahan ‘Amru ‘Amrusi itu. Untuk melihatnya di laman Youtube, bisa dilihat disini.

Ada yang menarik perhatian saya ketika menyaksikan video penampilan ‘Amru ‘Amrusi ini. Karenanya, saya kemudian mengirimkannya kepada teman saya yang berada di Kairo untuk menterjemahkan dialog dalam video tersebut. Yang membuat saya heran, ternyata link video di Youtube yang saya kirimkan tidak bisa dibuka di Kairo, dengan reason “This video contains content from MBC group, who has blocked it in your country on copyright grounds”. Saya terpaksa mengunduh dan kemudian mengirimkan video ini dengan email.

Semoga tulisan bermanfaat untuk sahabat semua. Insya Allah…

Balikpapan, Ahad 9 Mei 2015

4 thoughts on “AMAZING…!!! Gejolak Arab di Arabs Got Talent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>