Bersih-Rapi-Tertib-Teratur di Aksi Bela Islam III

Saya mau lanjutkan cerita tentang Unforgetable Moment kemarin. Sebenarnya bingung juga mau mulai dari mana atau mau mengambil bagian mana, karena semua moment sangat-sangat berkesan. Cerita saya terdahulu adalah tentang gemuruhnya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan peserta Aksi Bela Islam III 2 Desember 2016.

Baiklah, saya akan ceritakan tentang kegiatan bersih-bersih yang dilakukan peserta Aksi Bela Islam III.

Aksi harus bersih, rapi, tertib dan teratur saya kira sudah ada sejak dalam pikiran sebagian besar peserta Aksi Bela Islam III. Karena itulah ajaran Islam. Bahwa Islam mengajarkan kebersihan, kerapian, ketertiban dan keteraturan.
Karena prinsip itu pulalah maka Aksi Bela Islam digelar, karena ummat Islam adalah ummat yang tertib dan teratur. Mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. Maka dari itulah ummat Islam menuntut penista agama agar dihukum dan dipenjara. Ummat Islam tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang inkonstitusional.
Dengan tergelarnya Aksi Bela Islam III yang Bersih-Rapi-Tertib-Teratur, dengan sendirinya mematahkan tudingan-tudingan fitnah sebelumnya.

Sejak di halaman Masjid Istiqlal sebelum bertolak ke Monas, saya sudah menemui tim bersih-bersih. Mereka menggunakan syal berwarna biru muda dengan tulisan BRTT (Bersih Rapi Tertib Teratur). Dengan gesit saudara-saudara saya itu membersihkan halaman Masjid Istiqlal sebelum bergerak ke Monas. Saya abadikan orang-orang shalih itu dengan bangga. Saya bangga dengan orang-orang shalih itu.

Masuk area Monas, saya kembali menjumpai tim lain –laki-laki dan perempuan– yang mengenakan syal yang sama, bertuliskan BRTT, Bersih-Rapi-Tertib-Teratur.
Shalihin/shalihat ini sudah bekerja bahkan sebelum acara dimulai. Subhanallah. Saya sempatkan mengambil foto syal yang dikenakan oleh salah satu anggota pasukan itu. Di bagian bawah tulisan TIM BRTT itu ada logo bulat dengan tulisan Dzikir-Fikir-Ikhtir mengelilingi logo, dan tulisan DT di bagian tengah bulatan. Usut punya usut, TIM BRTT ini adalah santri-santri Daarut Tauhid, asuhan Aa’ Gym.

Sepanjang acara, TIM BRTT ini keliling menyatroni jama’ah dengan membawa kantong plastik sambil memberikan semacam himbauan untuk mengumpulkan/membuang sampah pada tempatnya, “Sampah…sampah…. mana sampahnya….?”
Sampah-sampah dari jama’ah kemudian dikumpulkan pada satu tempat yang telah ditentukan hingga bertumpuk-tumpuk.
Begitupun ketika acara sudah selesai.

Sebelumnya, pembawa acara telah mengumumkan melalui panggung bahwa acara Aksi Bela Islam III akan usai setelah sholat Jum’at. Benar saja, setelah sholat Jum’at usai, seluruh peserta berdiri untuk meninggalkan Monas.
Diantara peserta yang mengabadikan kenangan dengan berfoto ria, TIM BRTT ini melaksanakan tugasnya untuk bersih-bersih.
Ada yang menyapu, ada yang memungut sampah dengan tangannya, ada yang membawa kantong plastik. Alhasil, Monas kinclong lagi, bahkan kinclongnya melebihi sebelum ada acara (pengakuan pengelola Monas).
Dan sampah yang ‘dihasilkan’ oleh peserta Aksi Bela Islam III ini kemudian dijadikan headline oleh media dengki dengan judul “Aksi 212 Menghasilkan 600 Ton Sampah”. Luar biasa bukan judulnya?
Bagi yang tidak tahu, maka orang akan mengira bahwa peserta Aksi Bela Islam III itu menyampah sedemikian banyaknya sehingga membebani petugas kebersihan.

Memang benar bahwa sampah yang dihasilkan ratusan ton. Tapi sampah-sampah itu dibersihkan oleh peserta sendiri dan ditumpuk di tempat-tempat yang telah ditentukan untuk kemudian diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir.
Dan area Monas –menurut pengelolanya– telah bersih kembali hanya dalam waktu satu jam. Allahu Akbar…!!!
Ini beberapa link berita tentang kebersihan Monas setelah acara Aksi Bela Islam. Tak kurang Aa’ Gym dan Pengelola Monas turun langsung bersama para peserta untuk bersih-bersih Monas.

So… jangan tertipu dengan angle berita media yang menyoroti ratusan ton sampah yang dihasilkan, tapi lihatlah bahwa peserta Aksi Bela Islam III adalah shalihin/shalihat yang peduli dengan kebersihan. Karena KEBERSIHAN ADALAH BAGIAN DARIPADA IMAN.

whatsapp-image-2016-12-05-at-1-57-29-pm-4 whatsapp-image-2016-12-05-at-1-57-29-pm whatsapp-image-2016-12-05-at-1-57-29-pm-3 whatsapp-image-2016-12-05-at-1-57-29-pm-2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>